Panduan cara membuat blog gratis di blogspot beserta tips dan triks internet terbaru, seo untuk blogspot, pengetahuan komputer dan dunia internet lainnya

Cara Membuat Contact Form Memakai Google Drive (Bagian 2)

Cara Membuat Contact Form Memakai Google Drive (Bagian 2). Untuk kali ini kami akan melanjutkan pembahasan yang sebelumnya yaitu cara membuat contact form memakai google drive. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa contact form ini banyak manfaat terutama untuk menjalin komunikasi dengan pengiklan maupun visitor/pengunjung. Dengan adanya contact form maka hubungan antara visitor baik itu visitor blog secara umum atau khusus/pengiklan maka diharapkan akan lebih mudah dan semua pesan atau mesaage yang sifatnya khusus bisa tersampaikan dengan tepat sasaran.

Kita lanjutkan pembahasan cara membuat contact form memakai google drive. Setelah semua element yang diperlukan di input seperti Contact, nama, alamat email, website, dan komentar maka pembuatan kotak komentar sebagian sudah jadi. Jika kode embed sudah dipasang di blog maka hasilnya akan seperti gambar berikut ini :

cara membuat contact form

Cara Mengaktifkan Pemberitahuan

Jika contact form sudah selesai dibuat dan dipasang di blog, maka langkah selanjutnya adalah mengaktifkan pemberitahuan. Tentu kita sadar, jika blog yang sudah ramai dan terkenal tentu banyak orang atau advertiser yang akan berinteraksi dengan kita. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan media contact form yang ada di blog. Lalu bagaimana cara kita mengetahui bahwa ada orang yang telah mengontak kita melalui contact form? Caranya adalah dengan mengaktifkan pemberitahuan di google drive. Cara mengaktifkan pemberitahuan adalah sebagai berikut :
  • Silahkan klik Choose response destination, kemudian akan terbuka halaman seperti gambar dibawah ini :
cara mengaktifkan contact form

          Silahkan anda klik seperti gambar diberikan tanda panah
  • Kemudian anda akan terbuka layar baru, anda klik view response

membuat contact form google drive
  • Selanjutnya akan terbuka halaman baru seperti halaman Microsoft Excel. 
  • Anda klik menu Tools dan mulai mengaktifkan pemberitahuan (Notification rules).
mengaktifkan pembetahuan di contact form
  • Akan terbuka halaman baru lagi sebagai proses akhir cara mengaktifkan contact form.
cara mengaktifkan pemberitahuan contact form

  • Silahkan klik link yang sudah kami beri tanda anda panah, maka proses mengaktifkan pemberitahuan di contact form sudah jadi.
Itulah tahap demi tahap cara membuat contact form menggunakan google driver yang telah kami kupas pada artikel sebelumnya yang selanjutnya kami lanjutkan di artikel ini. Mudah-mudahan panduan cara memasang contact form memakai google drive ini mudah diikuti dan diterapkan di blog masing-masing.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Contact Form Memakai Google Drive (Bagian 2)

0 komentar:

Post a Comment

Dapatkan link balik dengan memberikan komentar. Jangan melakukan spam karena komentar spam akan segera dihapus!