Panduan cara membuat blog gratis di blogspot beserta tips dan triks internet terbaru, seo untuk blogspot, pengetahuan komputer dan dunia internet lainnya

Apa Penyebab Kuota Internet Cepat Habis?

Apa Penyebab Kuota Internet Cepat Habis? Kuota internet yang cepat habis dan boros merupakan salah satu yang ditakutkan oleh sebagian besar netizen, apalagi yang kuota internetnya pas-pasan, lalu apa penyebab kuota internet cepat habis? Kuota internet habis tentu saja komunikasi juga terputus, seperti waktu chating via skype atau facebook, streaming youtube tidak lagi bisa dinikmati apalagi kalau pas nonton sepak bola atau bulutangkis, nonton video musik di youtube gagal juga, game online berhenti total, smartphone jadi lumpuh dan banyak lagi keluhan dari pengguna internet yang berbasis kuota.

apa penyebab kuota internet cepat habis

Beberapa provider internet juga menyediakan kuota internet unlimited, akan tetapi jika pemakaian wajar sudah terlampaui maka kecepatan internetpun akan diturunkan. Hal ini tentu saja akan mengganggu aktifitas kita dalam browsing, download, streaming atau kegiatan internet lainnya. Hal ini menyebabkan banyak orang mencari solusi apa penyebab kuota internet cepat habis sehingga aktifitas mereka dalam berinternet tidak terganggu. Bayangkan saja, kalau lagi asyik-asyik main game online atau streaming video di youtube tiba-tiba internet tidak bisa diakses gara-gara kuota habis. Kali ini kita akan mencari tahu penyebab utama kuota internet bisa cepat habis.

Beberapa Penyebab Kuota Internet Cepat Habis 

1.  Streaming Video. Pada saat sekarang ini, untuk mendapatkan streaming video cukup mudah baik itu untuk film baru dengan kondisi utuh, trialer film terbaru, pertandingan sepak bola, atau video klip penyanyi favorit anda. Ada beberapa penyedia layanan streaming video seperti youtube, iTunes, Vimeo dan sebagainya. Streaming video terkenal paling banyak memakan kuota internet anda sebab dengan kualitas video HD mampu memakan kuota sampai 50 MB/menit, luar biasa kan? Apabila kuota internet yang anda gunakan terbatas lebih baik download saja agar video tersebut bisa ditonton berulang-ulang.

2.  Streaming Musik. Mendengarkan streaming musik memang sangat menyenangkan apalagi pada saat ini sedang blogging atau chatting Ada beberapa penyedia layanan musik seperti Guvera dan Rdio. Dengan live streaming musik memudahkan pengguna untuk mendengarkan musik tanpa harus menyimpan ke dalam memory atau hard disk. Namun di sisi lain, biaya konsumsi untuk live streaming musik bisa membengkak jika anda anda memutar musik dengan resolusi 320 kbps maka total kuota yang bisa anda habis dalam semenit bisa mencapai 2,4 MB/menit

3.  Game Online. Untuk permainan game online memang tidak membutuhkan banyak kuota internet, akan tetapi untuk game-game kelas berat seperti Aphalt 8 atau Modern Combat 5 dan lainnya membutuhkan kuota internet yang cukup besar sehingga dalam satu menit saja bisa menghabiskan kuota internet sebesar 1 MB.

4.  Obroalan Video. Melakukan obrolan video menggunakan Skyp termasuk aktifitas yang memerlukan banyak badwith. Namun hal ini berbeda-beda tergantung dari aplikasi serta resolusi video yang dipergunakan. Obrolan menggunakan video memakan banyak bandwith bahkan bisa mencapai 3 MB per menit, oleh karena itu kurangi atau hindari pemakaian obrolan berbasis video agar kuota internet anda lebih hemat.

penyebab kuota internet cepat habis

5.  Unggah ke Youtube. Aktifitas mengunggah video ke youtube cukup banyak menyita kuota internet anda. Jika anda terbiasa unggah video ke youtube, mulai sekarang kurangilah atau hilangkan kebiasaan anda menggunggah video ke youtube karena sekali kita mengunggah video ke youtube berdurasi 1 menit dengan kualitas HD (High Defiinition) maka kita sudah menghabiskan kuota internet sebanyak 200 MB. Bayangkan saja apabila setiap bulan kita mengunggah 10 video saja ke youtube dengan durasi berkisar 1 menit maka kuota yang sudah kita habiskan mencapai 2 GB. Lebih baik unggah video youtube memakai wifi atau ke warnet yang lebih murah.

6.  Download File Berkapasitas Besar. Kebiasaan download file seperti software, film atau vdieo musik dalam ukuran besar akan menghabiskan kuota internet anda. Oleh karena itu kurangi kebiasan download file ukuran besar menggunakan internet berbasis kuota. Lakukan download internet file berukuran besar menggunakan layanan wifi atau warnet.

7.  Matikan Update Otomatis. Terkadang tanpa kita sadari software-software yang tertanam di komputer kita melakukan update otomatis untuk diperbarui. Oleh karena itu matikan layanan update otomatis software-software tersebut via Control Panel. Hal ini akan mampu menghemat kuota internet yang anda gunakan. Jangan sampai anda merasa tidak menggunakan banyak kuota, akan tetapi tiba-tiba kuota habis karena dipergunakan untuk update otomatis.

Mulai sekarang berlakukan hemat dan cermat dalam penggunaan kuota internet anda. Lakukan kegiatan download atau streaming sehemat mungkin dan jika memang sangat mendesak saja. Kalau perlu pakailah layanan wifi atau RT/RW net sehingga akan menghemat pengeluaran anda. Demikian artikel singkat mengenai apa penyebab kuota internet cepat habis semoga bermanfaat dan diambil hikmahnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Apa Penyebab Kuota Internet Cepat Habis?

1 komentar:

Dapatkan link balik dengan memberikan komentar. Jangan melakukan spam karena komentar spam akan segera dihapus!