Panduan cara membuat blog gratis di blogspot beserta tips dan triks internet terbaru, seo untuk blogspot, pengetahuan komputer dan dunia internet lainnya

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Mandiri

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Mandiri. Kesehatan merupakan aset yang sangat ternilai harganya, oleh karena itu pada ksesempatan kali ini kami ingin mengupas bagaimana cara mendaftar BPJS Kesehatan mandiri atau perorangan. BPJS kepanjangan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. BPJS Kesehatan merupakan sebuah badan yang dibentuk pemerintah sebagai penyelenggara jaminan sosial dalam hal ini pembiayaan bidang kesehatan. Saat ini adalah beberapa fasilitas kesehatan yang bisa diakses masyarakat seperti Jamkesda, Jamkesmas, Askes dan BPJS. Menurut pengetahuan kami semuanya terintegrasi ke satu wadah yaitu BPJS. Bahkan ada beberapa kabupaten atau kota yang mampu memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat terutama di tingkat puskesmas. Cara mendaftar BPJS kesehatan mandiri terhitung mudah asalkan semua persyaratan sudah terpenuhi.

cara mendaftar bpjs kesehatan mandiri

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah kenapa kita harus mendaftar BPJS kesehatan? Seperti kita ketahui bersama bahwa biaya untuk perawatan kesehatan saat ini tergolong mahal, apalagi bagi masyarakat yang kurang mampu. Selain itu mendaftar ke BPJS kesehatan sifatnya wajib. Oleh karena itu sebelum kita menderita sakit alangkah baiknya jika kita antisipasi dengan mendaftarkan diri ke BPJS Kesehatan secara mandiri. Hal ini dimaksudkan agar jika suatu saat menerima musibah atau sakit maka biaya yang dikeluarkan peserta lebih kecil atau gratis sehingga masyarakat tidak terbebani. Untuk mengetahui bagaimana cara mendaftar BPJS kesehatan mandiri maka anda bisa mengikuti panduannya disini.

Syarat-syarat Mendaftar BPJS Kesehatan Mandiri

Ada beberapa persyaratan yang diberlakukan untuk mendaftar ke BPJS Kesehatan secara mandiri. Agar pendaftaran yang anda lakukan bisa mudah dan sukses silahkan lengkapi persyaratannya sebagai berikut :
  1. Foto copy KTP dan KTP asli (2 lembar)
  2. Foto copy buku nikah dan buku nikah asli (2 lembar) bagi yang sudah menikah
  3. Foto 3x4 2 lembar
  4. Foto copy kartu keluarga dan kartu keluarga asli (2 lembar)
  5. Mutasi rekening selama 3 bulan terakhir (BNI, Mandiri atau BRI)
  6. Mengisi formulis yang disedikan oleh BPJS
Jika semua syarat-syarat tersebut telah terpenuhi segera datang ke kantor BPJS terdekat dan lakukan pendaftaran keanggotaan secara mandiri. Jika syarat lengkap pasti proses bisa dilakukan dengan cepat dan anda akan mendapatkan nomor virtual account. Selanjutnya anda melakukan pembayaran bulan pertama ke bank yang ditunjuk yaitu BNI, Mandiri atau BRI. Langkah yang terakhir adalah membawa bukti pembayaran ke kantor BPJS terdekat untuk mendapatkan kartu Jaminan Kesehatan Nasional/JKN. Semua proses sudah selesai dan anda tinggal membayar iuran rutin setiap bulan sesuai dengan telah disepakati pada formulir pendaftaran.

Itulah beberapa tahap mendaftar BPJS Kesehatan Mandiri atau perorangan. Mungkin panduan ini kurang lengkap akan tetapi kami berusaha membagikan pengalaman kami mendaftar ke BPJS kesehatan secara mandiri kepada anda agar anda juga mempunyai gambaran bagaimana prosedur untuk mendaftarkan diri ke lembaga pemerintah tersebut. Kami berharap semoga pengalaman kami mengenai cara mendaftar bpjs kesehatan mandiri ini bisa bermanfaat dan bisa jadi rujukan bagi anda yang akan melakukan pendaftaran.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Mandiri

0 komentar:

Post a Comment

Dapatkan link balik dengan memberikan komentar. Jangan melakukan spam karena komentar spam akan segera dihapus!